Pemasaran melalui media sosial atau social media marketing saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab, banyak orang mulai menggunakan platform media sosial baik untuk bersosialisasi, mencari informasi hingga berbelaja.
Namun apa itu social media marketing? Social media marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan produk dan jasa secara luas. Cara ini telah teruji efektif untuk memajukan bisnis suatu perusahaan.
Tak heran jika kini semakin banyak perusahaan yang menerapkan social media marketing dalam bisnisnya. Lantas apa saja manfaat dari social media marketing? Simak di sini selengkapnya.
Manfaat Social Media Marketing Bagi Bisnis
Untuk memberimu gambaran kenapa social media marketing perlu dilakukan untuk setiap bisnis di era sekarang ini, kamu bisa melihat keunggulan dari pemasaran modern ini, yaitu:
1. Meningkatkan loyalitas pelanggan
Daftar pertama dalam manfaat social media marketing bagi bisnis yakni meningkatkan loyalitas pelanggan. Beberapa perusahaan yang mentargetkan pelanggannya dari kalangan milenial, harus tahu bila melalui social media marketing adalah upaya untuk membuat mereka terikat dengan merek.
Kenapa? Sebab melalui social media marketing pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan brand memudahkan mereka mencari informasi tentang produk.
Dengan begitu pelanggan akan merasa puas dan pertanyaan mereka bisa terjawab dengan baik. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa pelanggan milenial merupakan pelanggan yang setia diantara pelanggan lainnya.
2. Hemat biaya
Social media marketing adalah bagian dari strategi pemasaran paling efektif dan efisien saat ini.
Perusahaan hanya perlu mendaftar dan membuat profil gratis untuk semua platform media sosial dan setiap promosi berbayar merupakan investasi dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan promosi pemasaran dengan jenis lainnya.
Untuk mencoba pemasaran melalui media sosial ini, kamu bisa menggunakan iklan dengan biaya yang rendah terlebih dahulu untuk melihat dampaknya.
Seiring waktu bila kamu melihat pengaruh yang baik dari pemasaran ini, kamu bisa menambah anggaran pemasaran tersebut.
3. Meningkatkan brand awareness
Manfaat lain dari social media marketing adalah jenis pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness.
Dengan menerapkan startegi media sosial, perusahaanmu akan mendapatkan pengakuan merek sebab lewat media sosial itu perusahaan akan dikenal oleh khalayak umum.
Buatlah konten-konten yang menarik sehingga memiliki kemungkinan konten itu disukai bahkan dibagikan oleh pelanggan.
Disamping itu kamu juga bisa berupaya membangun interaksi yang baik dengan mereka di media sosial. Perlahan-lahan itu akan mendongkrak reputari perusahaan.
4. Bisa menganalisis pasar
Keuntungan berharga dari menggunakan pemasaran secara media sosial yakni mendapatkan wawasan pelanggan yang lebih luas.
Mengetahui tentang apa yang mereka minati, mereka harapkan, apa yang mereka tidak suka bahkan kebiasaan merekapun perusahaan akan tahu.
Lewat media sosial itu pula perusahaan bisa membuat riset untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang ada atau tidak serta mengetahui tren yang sedang ramai di pasaran.
Catat, ini Tips Melakukan Social Media Marketing yang Tepat
Sebelum menerapkannya dalam bisnis, kamu wajib mengetahui teknik dan tips menggunakan social media marketing yang baik. Berikut adalah beberapa tips dari kami yang bisa kamu lakukan.
1. Buat rencana dan tentukan target
Sebelum mulai menggunakan social media marketing dalam bisnismu, kamu harus membuat rencana yang terlebih dahulu.
Dengan rencana dan target, kamu bisa mengukur kesuksesan dalam memanfaatkan social media marketing. Target juga harus spesifik dan jelas supaya kamu mudah untuk meraihnya.
Selain itu, dalam menentukan target dan tujuan juga harus relevan serta realistis sehingga kamu benar-benar bersemangat untuk mencapainya.
2. Identifikasi audiens bisnis kamu
Setelah membuat rencana dan menentukan target, kamu wajib mengidentifikasi siapa audiens atau customer kamu. Social media marketing tidak akan efektif jika kamu tidak membuatnya untuk orang yang benar-benar membutuhkan.
3. Pilih platform media sosial yang terbaik untuk bisnis kamu
Strategi menjalankan social media marketing yang baik lainnya adalah memilih platform media sosial sesuai bisnis yang kamu tekuni.
Perlu kamu ingat, setiap saluran media sosial yang berbeda menjangkau user atau audiens yang berbeda pula. Untuk itu, tujuan serta target marketing di setiap platform media sosial juga harus berbeda dan disesuaikan.
Kamu juga harus memastikan strategi dan target yang ingin dicapai harus dibedakan dari masing-masing channel media sosial.